1. Judul Jurnal : CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) dan Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia
Penulis : Lina Anatan, S.E., M.Si.
Penerbit : Elex Media Computindo.
Edisi 1 tahun 2008
Kata kunci : Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia
Abstrak : CSR merupakan salah satu wujud partisipasi dunia usaha dalam
pembangunan berkelanjutan untuk mengembangkan program kepedulian perusahaan
kepada masyarakat sekitar melalui penciptaan dan pemeliharaan keseimbangan
antara mencetak keuntungan, fungsi-fungsi sosial, dan pemeliharaan lingkungan
hidup. Dengan perkataan lain, CSR dikembangkan dengan koridor Tri Bottom Line
yang mencakup sosial, ekonomi, dan lingkungan. Contoh sederhana pelaksanaan
CSR adalah dengan menghasilkan produk yang aman, tidak berbahaya bagi
kesehatan, dan ramah lingkungan; membuat sumur resapan; penyaluran limbah
dengan baik; dan pembatasan penggunaan AC dan listrik.
Sumber : Ambadar, J., 2008. Corporate Social Responsibility dalam Praktik di Indonesia.
Edisi 1, Penerbit Elex Media Computindo.
2. Judul Jurnal : Definisi, Pilar Aktivitas, Bentuk dan Keuntungan Program Corporate Social Responsibilit
Kategori : manajemen pemasaran
Penulis : Wibisono.
Edisi tahun 2007
Kata kunci : Bentuk dan Keuntungan Program Corporate Social Responsibilit
Abstrak : Definisi Corporate Social Responsibility
Berdasar pada Trinidad and Tobaco Bureau of Standards (TTBS), Corporate Social Responsibility diartikan sebagai komitmen usaha untuk bertindak etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komuniti lokal dan masyarakat secara lebih luas (Budimanta,Prasetijo & Rudito, 2004, p.72).
sumber : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/corporate-social-responsibility-csr.html
3. Judul Jurnal :Corporate social responsibility(CSR)dengan business ethic(etika bisnis)
Kategori : Etika Bisnis dan CSR
Penulis : Chrysanti Hasibuan-Sedyono
Edisi : Tahun 2007
Kata kunci : Etika Bisnis dan CSR
Abstrak : etika bisnis lebih melekat kepada individu yang menjalankan entitas bisnis. Sedangkan CSR sebagai hasil atau kebijakan dari perusahaan itu sendiri. Menurutnya, etika bisnis pengusaha di Indonesia semakin hari semakin membaik. Ia menyebut krisis moneter yang sempat meruntuhkan perekonomian Indonesia sebagai contoh dari etika bisnis perusahaan yang buruk. Namun, semakin banyaknya pelaksanaan dan beragamnya kegiatan CSR menunjukkan kalau etika bisnis di Indonesia terus membaik. Hal ini lepas dari diwajibkannya CSR seperti tertuang di Undang-Undang Perseroan tahun 2007. Menjadikan CSR sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, menunjukkan etika bisnis yang baik.
Sumber : http://www.ti.or.id/index.php/news/2010/11/22/dasari-csr-dengan-etika-bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar