Jumat, 24 Oktober 2014

Review Jurnal

1. Judul Jurnal : CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) dan Tinjauan Teoritis     dan Praktik di Indonesia
     Penulis   : Lina Anatan, S.E., M.Si.
     Penerbit : Elex Media Computindo.
     Edisi  1 tahun 2008

   Kata kunci : Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia

  Abstrak : CSR merupakan salah satu wujud partisipasi dunia usaha dalam 
 pembangunan berkelanjutan untuk mengembangkan program kepedulian perusahaan 
 kepada masyarakat sekitar melalui penciptaan dan pemeliharaan keseimbangan 
 antara mencetak keuntungan, fungsi-fungsi sosial, dan pemeliharaan lingkungan 
 hidup. Dengan perkataan lain, CSR dikembangkan dengan koridor Tri Bottom Line
 yang mencakup sosial, ekonomi, dan lingkungan. Contoh sederhana pelaksanaan 
 CSR adalah dengan menghasilkan produk yang aman, tidak berbahaya bagi 
 kesehatan, dan ramah lingkungan; membuat sumur resapan; penyaluran limbah 
 dengan baik; dan pembatasan penggunaan AC dan listrik.    
 Sumber : Ambadar, J., 2008. Corporate Social Responsibility dalam Praktik di Indonesia.
Edisi 1, Penerbit Elex Media Computindo.




2. Judul Jurnal : Definisi, Pilar Aktivitas, Bentuk dan Keuntungan Program Corporate Social Responsibilit
      Kategori : manajemen pemasaran
     Penulis   : Wibisono.
     Edisi   tahun 2007

   Kata kunci : Bentuk dan Keuntungan Program Corporate Social Responsibilit
  Abstrak : Definisi Corporate Social Responsibility
Berdasar pada Trinidad and Tobaco Bureau of Standards (TTBS), Corporate Social Responsibility diartikan sebagai komitmen usaha untuk bertindak etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komuniti lokal dan masyarakat secara lebih luas (Budimanta,Prasetijo & Rudito, 2004, p.72).  
  sumber : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/corporate-social-responsibility-csr.html

    

  3.  Judul Jurnal :Corporate social responsibility(CSR)dengan business ethic(etika       bisnis) 
       Kategori           : Etika Bisnis dan CSR
       Penulis             : Chrysanti Hasibuan-Sedyono 
       Edisi                : Tahun 2007
    Kata kunci :  Etika Bisnis dan CSR
   
    Abstrak : etika bisnis lebih melekat kepada individu yang menjalankan entitas bisnis. Sedangkan CSR sebagai hasil atau kebijakan dari perusahaan itu sendiri. Menurutnya, etika bisnis pengusaha di Indonesia semakin hari semakin membaik. Ia menyebut krisis moneter yang sempat meruntuhkan perekonomian Indonesia sebagai contoh dari etika bisnis perusahaan yang buruk. Namun, semakin banyaknya pelaksanaan dan beragamnya kegiatan CSR menunjukkan kalau etika bisnis di Indonesia terus membaik. Hal ini lepas dari diwajibkannya CSR seperti tertuang di Undang-Undang Perseroan tahun 2007. Menjadikan CSR sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, menunjukkan etika bisnis yang baik.
 
Sumber : http://www.ti.or.id/index.php/news/2010/11/22/dasari-csr-dengan-etika-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar